Tentang Kuliah

power point

Senin, 16 Desember 2013

Silabus LPP



SILABUS PERKULIAHAN SEMESTER GANJIL TAHUN 2013/2014
PROGRAM S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP   UNSRI


Mata  Kuliah        :  Landasan dan Problematika Pendidikan (LPP)
Kode/bobot          :  GIP          / 2 sks
Program  Studi     :  Pendidikan  Matematika
Hari/pukul            : 
Dosen Pengasuh   :    Prof.  Dr. M. Djahir Basir
                                  Dr. Rusdy A. Siroj, M.Pd.


A.  TUJUAN:
Setelah mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami landasan dan problematika kependidikan serta mampu memanfaatkannya dalam mengkaji praktik-praktik kependidikan yang diselenggarakan di Indonesia.

B.  DESKRIPSI MATA KULIAH
Mata kuliah ini membahas berbagai teori dan aturan yang mendasari penyelenggaraan pendidikan di Indonesia. Adapun ruang lingkup materi yang dibahas adalah: landasan hukum, landasan filosofis, landasan historis, landasan psikologis, landasan sosial budaya, landasan ekonomi pendidikan, serta berbagai problematika pelaksanaannya dalam praktik pendidikan.
C.       Persyaratan  yang harus  dipenuhi oleh mahasiswa
1.  Mengikuti perkuliahan  minimal 80 % dari  perkuliahan  yang diberikanoleh  dosen.
2. Mengikuti  ujian tengah semester,  ujian akhir semester,  dan  mengerjakan  tugas yang diberikan dosen.

D.  Tugas:
1.       Setiap Mahasiswa wajib membuat dan mengumpulkan minimum satu lembar ringkasan materi kuliah berdasarkan hasil bacaan yang relevan dengan pokok bahasan yang akan dibicarakan pada setiap pertemuan.
2.       Setiap mahasiswa wajib membuat  makalah berupa kajian tentang problematika pendidikan yang berkaitan dengan salah satu pokok bahasan. Panjang makalah 8—12 halaman diketik 1,5 spasi, dan siap menyajikannya dalam seminar kelas pada jam pertemuan  setelah ujian tengah semester. Makalah yang sudah diseminarkan, diperbaiki, dan dikumpulkan secara bersama-sama pada akhir semester (dijilid menjadi satu).


E.   Evaluasi
Penilaian berdasarkan pada hasil ujian tengah semester, semester, aktivitas dalam seminar, tugas-tugas, dan persentase kehadiran  sebagai prasyarat.
     Nilai akhir ditentukan  berdasarkan  nilai tugas, ujian tengah  semester, dan ujian akhir semester,  dengan  bobot:  nilai  tugas = 30  %, nilai  ujian  mid semester = 35 %,  dan nilai ujian akhir semester = 35 %
     Sistem penilaian ditentukan oleh skor  akhir sebagai berikut:
                                  86 – 100   =   A
                                  71 – 85     =   B
                                  56 – 70     =   C
                                  41 – 55     =   D
                                      < 40     =   E

F.   Kegiatan Perkuliahan:
Pertemuan  :
 Pokok Bahasan
Kegiatan
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8
9.
10 s.d 17
18.

Program perkuliahan dan pembelajaran di PT
Landasan Hukum Pendidikan
Landasan Hukum Pendidikan (lanjutan)
Landasan Filosofis Pendidikan
Landasan Ekonomis Pendidikan
Landasan Historis Pendidikan
Landasan sosial Budaya Pendidikan
Landasan Psikologis Pendidikan
Ujian Tengah Semester
Pendalaman Materi
Ujian Akhir semester
Membaca, Tanya jawab
Ceramah, Tanya jawab
Ceramah, Tanya jawab
Ceramah, Tanya jawab
Diskusi,  Tanya jawab
Diskusi,  Tanya jawab
Diskusi,  Tanya jawab
Ceramah,  Tanya jawab
Tertulis
Seminar
Tertulis

G.   Sumber Bahan (antara lain)
1.                   Callahan, J.F., and Clark, L. H. 1983.  Foundations of Educations.  Mcmillan Publishing
2.                   Muhardjo, R. 2004. Filsafat Ilmu Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
3.                   Nasution S. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
4.                    Kneller, G. F.  1971.  Foundations of education. United States of America: John Wiley & Sons Inc.
5.                   Nightingale, P., dkk. 1996. Assessing Learning in Uniersity. Sydney: University of South Wales.
6.                   Ornstein, A. C. dan Levine, D.U. 2008. Foundations of education. Boston New York: Houghton Mifflin Company
7.                   Pidarta, M. 2007. Landasan Kependidikan: Stimulus Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta: Rineka Cipta.

8.                   Sharma.Y. K. 2003. Foundations in Sociology of Education. New Delhi: Kanishka Publishers
9.                   Soetopo, H. 2005. Pendidikan dan Pembelajaran: Teori, Permasalahan, dan Praktik. Malang: Universitas Muhammadiyah.
10.               Sukmadinata, N. S. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosdakarya
11.               Tilaar, H.A.R. 2006. Standar Pendidikan Nasional: Suatu Tinjauan Kritis. Jakarta: Rineka Cipta.
12.               Undang-undang/Peraturan:
a.       Undang-Undang RI no. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS.
b.       Undang-Undang RI no. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
c.       Peraturan Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
d.       Peraturan Mendiknas RI No. 16 Tahun 2007 tentang Stadar Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru
e.       Peraturan Mendiknas RI No. 19 Tahun 2007 tentang Stadar Pengelolaan Penddikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah
f.        Peraturan Mendiknas RI No. 24 Tahun 2007 tentang Stadar Sarana dan Prasarana SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA.

                                                                                Palembang,  24  Agustus  2013
                                                                                Dosen Pengasuh:



Prof. Dr. M. Djahir Basir, MPd.                            Dr. Rusdy  Abd. Siroj,  M.Pd.
NIP.                                                                        NIP 195909071987031001


Mengetahui,
Ketua Program S2  Program Stdudi Pendidikan Matematika





Prof. Dr. Zulkardi, M. I.Kom., M.Sc
NIP.196104201986031002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar