SILABUS
PERKULIAHAN
SEMESTER GANJIL TAHUN 2013/2014
PROGRAM
S2 PENDIDIKAN MATEMATIKA FKIP UNSRI
Mata Kuliah :
Landasan dan Problematika Pendidikan
(LPP)
Kode/bobot
: GIP / 2 sks
Program Studi : Pendidikan Matematika
Hari/pukul
:
Dosen Pengasuh : Prof.
Dr. M.
Djahir Basir
Dr. Rusdy A.
Siroj, M.Pd.
A. TUJUAN:
Setelah
mengikuti mata kuliah ini, mahasiswa diharapkan mampu memahami landasan dan problematika kependidikan
serta mampu memanfaatkannya dalam mengkaji praktik-praktik kependidikan yang diselenggarakan di Indonesia.
B. DESKRIPSI
MATA KULIAH
Mata
kuliah ini membahas berbagai teori dan aturan yang mendasari penyelenggaraan
pendidikan di Indonesia. Adapun ruang lingkup materi yang dibahas adalah: landasan hukum, landasan filosofis, landasan
historis, landasan psikologis, landasan sosial budaya, landasan ekonomi
pendidikan, serta berbagai problematika pelaksanaannya dalam praktik
pendidikan.
C.
Persyaratan yang harus
dipenuhi oleh mahasiswa
1. Mengikuti
perkuliahan minimal 80 % dari perkuliahan
yang diberikanoleh dosen.
2. Mengikuti ujian
tengah semester, ujian akhir
semester, dan mengerjakan tugas yang diberikan dosen.
D. Tugas:
1. Setiap
Mahasiswa wajib membuat dan mengumpulkan minimum satu lembar ringkasan materi
kuliah berdasarkan hasil bacaan yang relevan dengan pokok bahasan yang akan
dibicarakan pada setiap pertemuan.
2. Setiap
mahasiswa wajib membuat makalah berupa
kajian tentang problematika pendidikan yang berkaitan dengan salah satu pokok
bahasan. Panjang makalah 8—12 halaman diketik 1,5 spasi, dan siap menyajikannya
dalam seminar kelas pada jam pertemuan
setelah ujian tengah semester. Makalah yang sudah diseminarkan, diperbaiki,
dan dikumpulkan secara bersama-sama
pada akhir
semester (dijilid menjadi satu).
E.
Evaluasi
Penilaian berdasarkan pada
hasil ujian tengah semester, semester, aktivitas dalam seminar, tugas-tugas,
dan persentase kehadiran sebagai
prasyarat.
Nilai akhir ditentukan berdasarkan nilai tugas, ujian tengah semester, dan ujian akhir semester, dengan
bobot: nilai tugas = 30
%, nilai ujian mid semester = 35 %, dan nilai ujian akhir semester = 35 %
Sistem penilaian ditentukan oleh
skor akhir sebagai berikut:
86 – 100 = A
71
– 85 = B
56 – 70
= C
41 – 55
= D
< 40 =
E
F.
Kegiatan Perkuliahan:
Pertemuan
:
|
Pokok Bahasan
|
Kegiatan
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8
9.
10 s.d 17
18.
|
Program perkuliahan dan pembelajaran di PT
Landasan Hukum Pendidikan
Landasan Hukum Pendidikan (lanjutan)
Landasan Filosofis Pendidikan
Landasan Ekonomis
Pendidikan
Landasan Historis
Pendidikan
Landasan sosial Budaya Pendidikan
Landasan Psikologis Pendidikan
Ujian Tengah Semester
Pendalaman Materi
Ujian Akhir semester
|
Membaca, Tanya jawab
Ceramah, Tanya jawab
Ceramah, Tanya jawab
Ceramah, Tanya jawab
Diskusi,
Tanya jawab
Diskusi,
Tanya jawab
Diskusi,
Tanya jawab
Ceramah,
Tanya jawab
Tertulis
Seminar
Tertulis
|
G. Sumber
Bahan (antara lain)
1.
Callahan,
J.F., and Clark, L. H. 1983. Foundations of Educations. Mcmillan Publishing
2.
Muhardjo, R. 2004. Filsafat Ilmu Pendidikan. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
3.
Nasution S. 2005. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan
Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
4.
Kneller,
G. F. 1971. Foundations of education. United States of
America: John Wiley & Sons
Inc.
5.
Nightingale, P., dkk. 1996. Assessing Learning in Uniersity. Sydney:
University of South Wales.
6.
Ornstein, A. C. dan Levine, D.U. 2008. Foundations of
education. Boston New York: Houghton Mifflin Company
7.
Pidarta, M. 2007. Landasan Kependidikan: Stimulus Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta:
Rineka Cipta.
8.
Sharma.Y. K. 2003. Foundations
in Sociology of Education. New Delhi: Kanishka Publishers
9.
Soetopo, H. 2005. Pendidikan dan Pembelajaran: Teori, Permasalahan, dan Praktik. Malang:
Universitas Muhammadiyah.
10.
Sukmadinata, N. S. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Rosdakarya
11.
Tilaar, H.A.R. 2006. Standar Pendidikan Nasional: Suatu Tinjauan Kritis. Jakarta: Rineka
Cipta.
12.
Undang-undang/Peraturan:
a. Undang-Undang
RI no. 20 Tahun 2003 tentang SISDIKNAS.
b. Undang-Undang
RI no. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
c. Peraturan
Pemerintah RI No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan
d. Peraturan
Mendiknas RI No. 16 Tahun 2007 tentang Stadar Kualifikasi Akademik dan
Kompetensi Guru
e. Peraturan
Mendiknas RI No. 19 Tahun 2007 tentang Stadar Pengelolaan Penddikan oleh Satuan
Pendidikan Dasar dan Menengah
f.
Peraturan Mendiknas RI No. 24 Tahun 2007
tentang Stadar Sarana dan Prasarana SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA.
Palembang, 24
Agustus 2013
Dosen Pengasuh:
Prof.
Dr. M. Djahir Basir, MPd. Dr. Rusdy
Abd. Siroj, M.Pd.
NIP.
NIP 195909071987031001
Mengetahui,
Ketua Program S2
Program Stdudi Pendidikan Matematika
Prof. Dr. Zulkardi, M. I.Kom., M.Sc
NIP.196104201986031002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar